Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMBELAJARAN MENYENANGKAN, WAKTU DAN PENGARUHNYA


    Pembelajaran menyenangkan (joyful learning) menurut (Fadilah, 2014) adalah rancangan pembelajaran dengan tujuan menciptakan suasana yang membebaskan siswa untuk berani mencoba, bertindak, bertanya dan mengemukakan pendapat sehingga perhtian siswa dapat dipusatkan secara penuh pada pembelajaran.

    Untuk saat ini guru di tuntut untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menyenangkan. Pembejaran dikatakan  menyenangkan jika tercipta suasana yang rileks, bebas dari tekanan, aman dan menarik. Murid lebih diarahkan untuk memiliki motivasi tinggi dalam belajar dengan menciptakan situasi yang mengembirakan


    Pembelajaran yang menyenangkan memilik banyak manfaat yang dapat mempengaruhi cara seseorang belajar dan hasil yang diperoleh. berikut adalah beberapa manfaat dari pembelajaran yang menyenangkan.
1. Meningkatkan motivasi belajar. ketika murid menikmati proses belajar ia akan lebih termotivasi untuk belajar banyak
2. meningkatkan keterlibatam murid dalam proses pembelajaran
3. meningkatkan daya ingat Murid. Murid akan lebih mudah mengingat materi jika mereka merasa senang dan gembira saat mempelajarinya.
4. Meningkatkan Kreativitas dan berpikit kritis
5. pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan hasil belajar.

    Hari ini saya mengajak Murid untuk belajar di luar kelas kemudian murid beri kesemparan untuk memilih pasangannya saat akan mempraktikkan tentang gerak semu Matahari. Sebelumnya saya memberikan beberapa pertanyaan penantik terkait materi tentang waktu dan pengaruhnya.




1. Mengapa ada siang dan malam?

2. Apakah matahati itu bergerak sehingga bisa terbit dan terbenam.

3. Bumi atau matahatikah yang sesungguhnya bergerak?

 

    Jawaban murid-muris beragam Setalah itu murid diberi kesempatan untuk mencari informasi tentang terjadinya siang dan malam, waktu dan pengaruhnya.  Murid juga diminta untuk megungkapkan hal yang ingin diketahui terkait materi hari ini tentang waktu dan pengaruhnya.

    Murid kelas 6 SDN lenteng Barat I antusias mendengarkan langkah kegiatan saat akan simulasi Gerak semu Matahari. Murid di minta untuk melakukan simulasi ini dengan cara memilih satu temannya untuk diajak melakukan kegiatan bersama.



    Langkah pertama, Anggaplah Kamu sebagai A dan satunya sebagai B Berdiri pada posisi sejajar. A menutup mata tetap pada posisi semula. Dan B berjalan maju satu meter ke depan. Setelah itu A membuka mata dan mengamati perubahan pada posisi B.


    Setelah saya tanyakan kepada murid mereka berkata terjadi perubahan pada posisi B dan akan tetapi seolah-olah A bergerak mundur kebelakang. Peristiwa ini merupakan gerak semu MataharI.  Mereka senang dan bergembira saat mengilustrasikan gerak semu harian matahari.

    Pembelajaran yang Menyenangkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi seseorang dalam belajar dan mencapai hasil yang lebih baik.



Posting Komentar untuk "PEMBELAJARAN MENYENANGKAN, WAKTU DAN PENGARUHNYA"