Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYO BUDAYAKAN ANAK GEMAR MEMBACA

 

Buku adalah jendela dunia. Pepatah ini sudah tidak asiang lagi di telinga kita. Buku mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan. Buku di kemas dengan pengetahuan, memberika pelajaran hidup dan penuh dengan informasi.

Bila berbicara tentang pentingnya hidup maka  tak bisa lepas dari peran membaca. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis (Henry Guntur Tarigan, 2008: 7).

Diera digitalisai ini,  murid cendrung kurang tertarik untuk membaca buku.  Mereka  lebih menyukai bermain media sosial atau game online. Ini menjadi tantangan kepada guru untuk bisa menciptakan  budaya membaca pada murid. kita selaku pendidik mempunyai keingian agar semua murid gemar membaca buku.



Gemar membaca buku adalah kebiasaan yang baik, khususnya untuk anak di usia sekolah. Dengan Membaca  memiliki banyak manfaat. diantaranya bertambahnya wawasan dan Cara berpikir  akan makin luas. Maka, tak ada salahnya bila kita membantu murid membentuk membiasakan membaca sejak dini di sekolah.

Bagaimana kita bisa menumbuhkan budaya membaca pada murid di sekolah?



SDN Lentang Barat I mempunyai Visi terwujudkan sekolah yang literat. Salah satu cara dengan  mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi murid. Disekolah ini sudah mulai menciptakan budaya positif  degan melaksanakan pembiasan membaca bersama.

Kegiatan ini di laksanakan setiap hari selasa dan kamis pada jam 06.30 WIB sampai jam 07.00 WIB. Semua murid diberi kebebasan untuk memilih buku yang telah disediakan. Murid membaca bersama di depan kelas masing-masing dengan iringan musim yang menenangkan.

Ada kebahagian sendiri saat mereka diberi kebebasan untuk memilih buku sesuai yang diinginkan. Dengan cara ini sedikit demi sedikit akan membiasan anak gemar membaca. Saat hari selasa dan hari Kamis murid SDN Lenteng Barat I sudah tidak usah disuruh untuk membaca. sebelum jam 06.30 mereka sudah mengambil buku dan segera mennngambil tempat di depan kelas masing-masing. Kegiatan ini untuk semua kelas mulai kelas 1 sampai kelas 6. Buku yang disediakan sesuai dengan kemampuan membaca murid.

 


Selain itu, program di atas ada program literasi kelas yang di kembangkan disetiap kelas. Satu contoh dikelas tinggi ada program one book one week. Pada program ini murid diminta untuk menyelesaikan 1 buku dalam 1 minggu. Awal program ini  terasa agak berat bagi murid. Namun seiring berjalannya waktu murid semakin senang dalam membaca  sudah bisa menyelesaikan 1 buku dalam 3 hari. Namun, Ada juga murid yang sudah germar membaca 1 hari 1 buku (one book one day). Murid membawa Buku bacaan ke rumahnya dan dikembalikan jika sudah sudah selesai. Guru mempunyai catatan tentang daftar buku  yang telah dibaca oleh masing-masing murid.

Mari kita jelajahi dunia yang tak terbatas dengan membaca.  Berpetuanglah dengan mempelajari hal-hal baru, Nikmati waktu luangmu dengan membaca. Ayo jadilah kutu buku dan rasakan kebahagiaan yang hanya bisa didapat melalui membaca!

 


 

 

 

 

 

.

Posting Komentar untuk "AYO BUDAYAKAN ANAK GEMAR MEMBACA "