Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERNYATA, ENAM BULAN BEGITU CEPAT BERLALU

 


TERNYATA, ENAM BULAN BEGITU CEPAT BERLALU

 Riskiyah. S.Pd

    "Hari demi hari berjalan dengan lekas hingga enam Bulan berlalu cepat  ."

     Apakah Ada yang setuju.? Atau Mungkin juga yang berpendapat berbeda?

 

*

    Tepat pukul 19.00 WIB gawai berdering di group PGP 132-133 ternyata bapak Fasilisitator memberikan informasi bahwa pada tanggal 31 Januari 2023 akan diadakan Penutupan Pendidikan Guru Pengerak Anggakatan 5 pukul 11.00 WIB sampai selesai yang akan disiarkan di kanal youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI.

    Masih melekat dalam ingatan ketika saya dan teman-teman CGP angkatan 5 mengikuti pembukaan pendidikan Guru Pengerak pada tanggal 18 April 2022. Tak terasa kami sudah menyelesaikan pendidikan ini. Enam bulan lamanya tak terasa setelah dinikmati setiap tahapan dan perjalanan dalam pendidikan  Guru penggerak yang mengitu menyenangkan.

    PGP pada Angakatan 5 agak berbeda dengan angkatakan sebelumnya, yang awalnya 9 bulan tetapi untuk angkatan 5 hanya 6 bulan pendidikan. Awalnya saya merasa agak kawatir tidak bisa menjalani pendidikan ini dengan rentang waktu yang cukup lama selama 6 purnama. Tapi seiring berjalannya saya coba menikmati setiap tahapan, menjalaninya dengan riang hingga tak tak terasa waktu cepat berlalu 

    Ada beberapa  rentetan proses belajar di Pendidikan Guru Pengerak yang dimulai dengan belajar melalui LMS ( Learning Managemen Sistem) yang dapat diakses via online. Jadi,  bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Selain itu proses pendidikan Guru Penggerak ini mengedepankan on the job learning, selama guru mengikuti pendidikan ini tetap bisa menjalankan perannya di sekolah sekaligus dapat menerapkan pengetahuannya selama mengikuti pendidikan guru penggerak

    Dalam Program Guru Penggerak ini ada 4 kompetensi yang pertama Mengembangkan diri dan orang lain. Yang kedua Memimpin Pembelajaran. Ketiga Memimpin manajemen Sekolah dan yang ke empat Memimpin Pengembangan sekolah. Kompetensi ini di tuangkan dalam 3 paket modul. Masing-masing modul di perinci menjadi 10 bagian. Pendidikan ini terdiri dari kelas daring, Lokakarya dan Pendampingan Individu.

    Dalam  proses belajar menggunakan alur belajar Merdeka yang dimulai dari Mulai dari diri, lalu di lanjutkan denga  Ekspolasri Konsep, Ruang Kaborasi, Demontrasi Kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi Antar Materi dan yang terakhir Aksi Nyata.

    Selain belajar daring juga belajar luring di Lokakarya. Pada kegiatan Lokarya semua Calon Guru Penggerak berkumpul di suatu tempat dengan kelompok yang sudah di tentukan. Lokakarya meliputi Lokakarya Orientasi, Lokakarya 1 hingga Lokakarya 7 Pada Lokakarya 7 ada 2 kegiatan Kelas Berbagi dan Festival panen Hasil.

 




Berikut keseruan belajar pada Lokakarya


 

    Tidak hanya itu  ada rangkaian belajar luring lainnya yaitu Pendampingan individu. Ini merupakan suatu bentuk pedampingan secara personal yang dilakukan oleh Pengajar Praktik (PP) untuk membantu CGP dalam mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman yang di peroleh




     Saya merasa senang sekali bisa mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5  yang merupakan angkatan pertama di Kabupaten Sumenep. Dipendidikan ini saya  mendapatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan baru serta pengalaman yang luar biasa dengan bimbingan fasilitator dan Pengajar PraktIk yang hebat.




2 komentar untuk "TERNYATA, ENAM BULAN BEGITU CEPAT BERLALU"