Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagi Cerita Tentang Penguatan Platform Merdeka Mengajar

 


Pada hari ini, Sabtu tanggal 28 Januari 2023 Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok kerja Guru (KKG)  Gugus 02 Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep mengadakan  kegiatan yang bertempat di SDN Lenteng Timur 1.  kegiatan ini bertema Penguatan Platform Merdeka Mengajar dengan peserta  kepala sekolah dan guru-guru di  10 sekolah yang berada di Gugus 02 Kecamatan Lenteng.

Kegiatan ini cukup istimewa karena di hadiri oleh bapak Buhari selaku Kasi kurikulum  Dinas Pendidikan Kabupaten  Sumenep. Pada kesempatan ini Bapak kasi memberikan sambutan terkait 3 hal.  Yang pertama  Beliau memberikan apresiasi kepada Gugus 02 karena telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program Dinas Pendidikan. Yang kedua  memotivasi agar guru selalu meningkatan kompetensinya salah satunya dengan memanfaafkan Platforn Merdeka Mengajar ini. Ketiga menjelaskan progres pencapaian PMM di kabupaten Sumenep hingga saat ini.



Mengapa Pada  kegiatan hari ini Mengangkat tema Penguatan Platform Merdeka Mengajar?

Menurut saya penting sekali bagi guru untuk mengenal dan memahami platform merdeka mengajar atau yang kita bisa  bisa kenal dengan istilah PMM. Platform ini merupakan sarana untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka serta dapat membantu guru dalam mengembangkan kompetensi  diri.

 Platform merdeka mengajar adalah platform teknologi yang disediakan bagi guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan. PMM  diluncurkan untuk menunjang penerapan kurikulum merdeka selain itu juga dapat membantu guru dalam mengajar, belajar dan berkarya.

Platform merdeka mengajar ini sangat mudah  diakses oleh bapak ibu guru  melalui aplikasi di gawai android ataupun melalui laman situs pada alamat https://guru.kemendikbud.co. id juga dapat  menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id bagi yang dibawah naungan kementrian agama.

Banyak fitur yang di sediakan dalam  Platform Mereka Mengajar dalam mendukung guru dalam mengembangkan pembelajaran sehingga bisa memberikan pembelajaran yang menarik selain itu banyak referensi yang bisa di akses seperti RPP, Modul ajar, Modul Projek dan Asesmen 

Platpom Merdeka Mengajar menjadi sarana  guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi dengan mudah yang tak terikat dengan waktu dan tempat, kapanpun dan dimanapun bisa di akses dengan tanpa batas. 

Guru dapat belajar dengan  mengakses pada pelatihan mandiri dan juga video inspirasi untuk mengembangkan diri. Pada pelatihan mandiri guru tinggal memilih topik pelatihan kemudian disuguhkan pada modul pelatihan setelah itu melewati tahapan latihan pemahaman dilanjut dengan menulis cerita reflektif  kemudian mengerjakan post tes dan yang terakhir adalah aksi nyata.

PMM merupakan wadah bagi guru  yang ingin berbagi inspirasi atau ingin berbagi praktek baiknya tidak usah khawatir karena di platform merdeka mengajar ini sudah menyediakan wadah berbagi praktik baik. Dengan masuk pada fitur Bukti Karya dengan mengapload video praktik baik guru.

Setelah pemaparan materi, peserta yang hadir  di minta untuk langsung mengakses Platfom Merdeka Mengajar. Peserta antusias dalam  mengikuti tahapan belajar secara mandiri yang dimulai dari  pelatihan mandiri dengan mengikuti tahapan-tahapan hingga  aksi nyata dan juga mengakses fitur lainya yang ada di PMM. Kegiatan ini cukup menyenangkan bisa belajar bersama, berproses bersama hingga  tak terasa jam menunjukkan pukul 12.00  dan berakhirlah kegiatan ini .



Sekian

Salam dan bahagia

5 komentar untuk "Berbagi Cerita Tentang Penguatan Platform Merdeka Mengajar"