Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERINGATI ISRA' MI'RAJ DENGAN SEDERHANA. NAMUN, PENUH MAKNA

 

Isra' dan Mi'raj di peringati Setiap tanggal 27 Rajab merupakan  peristiwa yang bersejarah dalam islam. Peristiwa ini merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem hingga naik ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha dan Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk melaksanakan  sholat lima waktu.

Ada beberapa keutamaan Isra'  Mi'raj yang pertama merupakan waktu disyariatkannya  Sholat lima waktu. yang kedua  peristiwa ini juga menjadi petunjuk keistimewaan Masjidil Aqsha bagi umat Muslim. Dalam perjalanan Isra, masjid yang berada di Palestina tersebut menjadi tempat tujuan Nabi, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Sidartil Muntaha. Yang ketiga Rasulullah SAW menjadi imam salat bagi nabi-nabi terdahulu.

Hari ini Rabu (22 Februari 2023 ) SDN Lenteng Barat I mengadakan acara Isra' dan Mi'raj yang mendapat dukungan penuh dari seluruh wali Murid. Acara ini dikemas begitu sederhana tapi penuh makna yang bertempat di halaman SDN Lenteng Barat I.



Dengan memperingati momen bersejarah dalam Islam ada harapan bisa mendapatkan hikmah dapat menambah keimanan dengan bukti keagungan dan kekuasaan Allah SWT yang diperlihatkan secara langsung dan kecintaan terhadap Nabi kita, Nabi Muhammad SAW. Sebab, perjalanan Nabi Muhammad seolah tak masuk akal apabila dituntaskan hanya satu malam. Akan tetapi, mempercayai kuasa Allah memerlukan kacamata keimanan.



            Dengan adanya moment-moment hari besar Islam anak didik akan melatih kecintaan kepada Rasullah akan tumbuh semakin besar dan bertabahnya keimanan.  begitulah yang di sampaikan oleh ketua paguyuban ibu Ida Royani dalam sambutanya.



            Kepala sekolah ibu Sri Winarni menyampaikan rasa terima kasih kepada tokoh masyarakat dan juga kepada paguyuban SDN Lenteng Barat I yang telah berpartisipasi dalam terselenggaranya acara ini. Beliau juga berpesan siap bergandeng tangan dan berkolaorasi dengan masyarakat sekitar.

Ki Suykron Hamidi selaku penceramah menyampaikan Isra’ Mi’raj adalah dua kata yang di sambung. Isra’  (ajalen malam) perjalanan malam dan Mi'raj (ongge ) naik. Peristiwa Isra’ Mi’raj adalah satu peristiwa agung yang oleh Allah diberikan kesempatan kepada nabi Muhammad sebuah  perjalanan yang panjang dari arab ke palestina naik ke Sidratil Muntaha.



Yang terpenting kita maknai bahwa Isra’ Mi’roj dalam rangka tajdidul iman (nyar nganyare iman). Memperbarui iman. Peristiwa sulit di nalarkan yang merupakan  satu kejadian yang luar biasa yang perlu diterima dengan keimanan. Dalam peristiwa Isra’ Mi’raj ada perintah sholat lima waktu. Awalnya Nabi Muhammmad diwahhyukan 50 kali sholat dalam sehari semalam. Proses yang panjang terjadi negosiasi 9 kali kemudian Nabi Muhammad menghadap kepada Allah..yang pada akirnya mendapatkan keringanan menjadi lima waktu.

Sholat itu ummul.ibadah dan yang di tanya pertama kali adalah sholat. Beliau menghimbau agar kita tidak meninggalkan sholat baik disengaja atapun tidak sengaja. Semoga kita semua bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Begitulah kalimat terakhir yang beliau sampaikan.

Tak terasa acara demi acara telah berlangsung dan berakhirlah acara Isra' Mi'raj di SDN Lenteng Barat I yang ditutup dengan pembacaan do'a serta ucapan hamdalah bersama.

 

1 komentar untuk "PERINGATI ISRA' MI'RAJ DENGAN SEDERHANA. NAMUN, PENUH MAKNA"