PENGALAMAN MENJADIKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA
PENGALAMAN MENJADIKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA
Oleh : Riskiyah
Guru SDN Lenteng Barat I
CGP angkatan 5 Kab. Sumenep
Ungkapan
Pengalaman adalah guru yang terbaik mengandung makna yang mendalam. Dalam hidup
ini di butuhkan bekal pengalaman agar dapat di jalani dengan baik. Memang
benar adanya, pengalaman sangat berharga untuk dijadikan pelajaran dalam
melangkah. saya mempunyai pengalaman yang sangat berharga saat di bangkku
sekolah dasar. Pengalaman itu, menjadi kenangan yang tetap melekat kuat dalam
ingatan meski sudah berpuluh tahun lamanya. Pembelajaran yang
disuguhkan oleh pak Guru selalu diingat ketika saya coba mengenang kembali masa
anak-anak. Dimana saya selalu disuguhkan dengan pembelajaran yang menarik dan
sesuai dengan keinginan.. Pembelajaran yang sangat sederhana namun sangat
bermakna. Pak guru selalu melakukan pembelajaran yang membuat saya
senang, tidak hanya belajar di dalam kelas namun selalu membawa kami belajar
di keluar kelas. Walau hanya sekedar berada di alam bebas melihat
pemandangan alam pedesaan. kami belajar dengan riang gembira sambil bernyanyi
dan bertepuk-tepuk dan juga bermain bersama. ini saya rasakan saat saya di
bangku sekolah Dasar kelas 3. tidak hanya itu, pak Guru selalu mencoba memahami
keinginan-keinginan kami dalam belajar dan permintaan kami selalu di turuti.
Disaat apa yang mejadi keinginan itu di lakukan, saya dan teman-teman sangat
senang dan semangat dalam mengkuti dalam pembelajaran. .
Dari
pengalaman ini saya sebagai pendidik yang di beri amanah untuk mengajar di
sekolah Dasar saya berusaha memahami keberagaman murid-murid di kelas mulai
dari perbedaan karakter, potensi dan kebutuhan serta keinginan murid. setelah
itu saya mencoba memetakan murid-murid di kelas kemudian memberikan berbagai
pilihan baik dari strategi, maupun cara belajar agar pembelajaran dapat menarik
perhatian murid sehingga mudah dipahami dan juga akan bermakna bagi murid.
Dengan memberikan pilihan dalam pembelajaran antusias murid ternyata bertambah
karena sesuai dengan kebutuhanya dan juga keinginannya. untuk itu guru dituntut
untuk selalu melakukan inovasi pembelajaran agar minat dan keinginan
murid bisa tercapai dan murid akan semangat dalam belajar.
Di
dalam kelas saya mencoba mencoba merencang pembelajaran yang strategi
pembelajarannya saya memberi kesempatan kepada murid untuk menyampaikan ide
terkait pembelajaran yang akan berlangsung. Saat memberikan tugas murid di beri
kesempatan untuk memilih sesuai dengan keinginnnya serta mengelompokkan murid
sesuai kemampuannya. Dengan begitu saya mencoba memberikan pelayanan yang
sesuai dengan kebutuhan murid agar murid merasa di hargai, belajar dengan
nyaman sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Demikian juga sebaliknya jika
seorang guru belum bisa memperlakukan murid dengan memberikan pelayanan yang
sesuai keinginnnya kebutuhannya maka
akan menghambat perkembangan belajarnya.
Dalam
melakukan pembelajaran di kelas tentu ada hambatan dan tantangan. Guru di
tuntut untuk tetap bersikap positif dan terus berjuang melakukan perbaikan
meski banyak tantangan dan hambatan. Guru harus tetap belajar dan berbagi
pengalaman dengan teman sejawat. Saling mendukung dan memberi semangat dengan
sesama teman sejawat. Menerapkan apa yang sudah kita ketahui meskipun belum
maksimal dan terus berusaha untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses
pembelajaran yang sudah di terapkan agar lebih baik lagi.
Untuk meningkatkan proses
penbelajaran Salah satu yang bisa di lakukan guru untuk memenuhi kebutuhan
belajarnya maka guru harus memberikan pembelajaran
berdiferensiasi. Dalam kelas,
guru perlu selalu berasumsi bahwa murid yang ada di kelas dengan beragam serta
memiliki kebutuhan yang berbeda maka guru secara proaktif merencanakan
pembelajaran yang menyediakan berbagai cara untuk mengekspresikan dan mencapai tujuan
pembelajaran. Guru mungkin masih perlu menyempurnakan pembelajaran untuk
beberapa murid mereka, tetapi karena guru tahu beragam kebutuhan muridnya di
dalam kelas dan memilih opsi pembelajaran yang sesuai, maka kemungkinan besar
pengalaman belajar yang mereka rancang akan cocok untuk sebagian besar murid.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan
pembelajaran yang dikemas unntuuk memmmenuuhi kebutuhan belajar murid, baik itu
terkait kesiapan belajar murid, minat murid dan profil belajar murid. Guru membedakan pengajaran di kelas-kelas yang
memiliki keragaman akademis berusaha untuk
memberikan pengalaman belajar
yang secara tepat menantang
untuk semua murid mereka.
Pembelajaran
Berdiferensiasi menggunakan beberapa pendekatan terhadap konten, proses, dan produk.
Di semua ruang kelas, guru
berurusan dengan setidaknya tiga elemen yang pertama proses kedua,
Proses. Ketiga produk Dengan membedakan
ketiga elemen ini, guru menawarkan pendekatan berbeda terhadap apa yang dipelajari murid, bagaimana
mereka mempelajarinya, dan bagaimana mereka menunjukkan apa yang telah mereka
pelajari. Kesamaan dari pendekatan yang berbeda ini adalah bahwa semuanya
dibuat untuk mendorong pertumbuhan semua murid dalam usaha mereka mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan untuk memajukan atau meningkatkan
proses pembelajaran baik untuk kelas secara keseluruhan maupun untuk murid
secara individu.
Posting Komentar untuk "PENGALAMAN MENJADIKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA"