Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGALAMAN MENJADIKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA

 

PENGALAMAN MENJADIKAN  PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA

Oleh : Riskiyah

Guru SDN Lenteng Barat I

CGP angkatan 5 Kab. Sumenep





Ungkapan Pengalaman adalah guru yang terbaik mengandung makna yang mendalam. Dalam hidup ini di butuhkan bekal pengalaman agar dapat di jalani dengan baik.  Memang benar adanya, pengalaman sangat berharga untuk dijadikan pelajaran dalam melangkah. saya mempunyai pengalaman yang sangat berharga saat di bangkku sekolah dasar. Pengalaman itu, menjadi kenangan yang tetap melekat kuat dalam ingatan meski sudah  berpuluh tahun lamanya.  Pembelajaran yang disuguhkan oleh pak Guru selalu diingat ketika saya coba mengenang kembali masa anak-anak. Dimana saya selalu disuguhkan dengan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan keinginan.. Pembelajaran yang sangat sederhana namun sangat bermakna.  Pak guru selalu melakukan pembelajaran yang membuat saya senang, tidak hanya belajar di dalam kelas namun selalu membawa kami belajar di  keluar kelas. Walau hanya sekedar berada di alam bebas melihat pemandangan alam pedesaan. kami belajar dengan riang gembira sambil bernyanyi dan bertepuk-tepuk dan juga bermain bersama. ini saya rasakan saat saya di bangku sekolah Dasar kelas 3. tidak hanya itu, pak Guru selalu mencoba memahami keinginan-keinginan kami dalam belajar dan permintaan kami selalu di turuti. Disaat apa yang mejadi keinginan itu di lakukan, saya dan teman-teman sangat senang dan semangat dalam mengkuti dalam pembelajaran. . 



Dari pengalaman ini saya sebagai pendidik yang di beri amanah untuk mengajar di sekolah Dasar saya berusaha memahami keberagaman murid-murid di kelas mulai dari perbedaan karakter, potensi dan kebutuhan serta keinginan murid. setelah itu saya mencoba memetakan murid-murid di kelas kemudian memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, maupun cara belajar agar pembelajaran dapat menarik perhatian murid sehingga mudah dipahami dan juga akan bermakna bagi murid. Dengan memberikan pilihan dalam pembelajaran antusias murid ternyata bertambah karena sesuai dengan kebutuhanya dan juga keinginannya. untuk itu guru dituntut untuk selalu melakukan inovasi pembelajaran agar minat dan keinginan  murid bisa tercapai dan murid akan semangat dalam belajar.



Di dalam kelas saya mencoba mencoba merencang pembelajaran yang strategi pembelajarannya saya memberi kesempatan kepada murid untuk menyampaikan ide terkait pembelajaran yang akan berlangsung. Saat memberikan tugas murid di beri kesempatan untuk memilih sesuai dengan keinginnnya serta mengelompokkan murid sesuai kemampuannya. Dengan begitu saya mencoba memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan murid agar murid merasa di hargai, belajar dengan nyaman sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Demikian juga sebaliknya jika seorang guru belum bisa memperlakukan murid dengan memberikan pelayanan yang sesuai keinginnnya   kebutuhannya maka akan menghambat perkembangan belajarnya.

Dalam melakukan pembelajaran di kelas tentu ada hambatan dan tantangan. Guru di tuntut untuk tetap bersikap positif dan terus berjuang melakukan perbaikan meski banyak tantangan dan hambatan. Guru harus tetap belajar dan berbagi pengalaman dengan teman sejawat. Saling mendukung dan memberi semangat dengan sesama teman sejawat. Menerapkan apa yang sudah kita ketahui meskipun belum maksimal dan terus berusaha untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran yang sudah di terapkan agar lebih baik lagi.  

 

Untuk meningkatkan proses penbelajaran Salah satu yang bisa di lakukan guru untuk memenuhi kebutuhan belajarnya maka guru harus memberikan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam kelas, guru perlu selalu berasumsi bahwa murid yang ada di kelas dengan beragam serta memiliki kebutuhan yang berbeda maka guru secara proaktif merencanakan pembelajaran yang menyediakan berbagai cara untuk mengekspresikan dan mencapai tujuan pembelajaran. Guru mungkin masih perlu menyempurnakan pembelajaran untuk beberapa murid mereka, tetapi karena guru tahu beragam kebutuhan muridnya di dalam kelas dan memilih opsi pembelajaran yang sesuai, maka kemungkinan besar pengalaman belajar yang mereka rancang akan cocok untuk sebagian besar murid.

 

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dikemas unntuuk memmmenuuhi kebutuhan belajar murid, baik itu terkait kesiapan belajar murid, minat murid dan profil belajar murid.  Guru membedakan pengajaran di kelas-kelas yang memiliki keragaman akademis berusaha untuk memberikan pengalaman belajar yang secara tepat menantang untuk semua murid mereka.

 

Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan beberapa pendekatan terhadap konten, proses, dan produk.

Di semua ruang kelas, guru berurusan dengan setidaknya tiga elemen yang pertama proses kedua, Proses. Ketiga produk Dengan membedakan ketiga elemen ini, guru menawarkan pendekatan berbeda terhadap apa yang dipelajari murid, bagaimana mereka mempelajarinya, dan bagaimana mereka menunjukkan apa yang telah mereka pelajari. Kesamaan dari pendekatan yang berbeda ini adalah bahwa semuanya dibuat untuk mendorong pertumbuhan semua murid dalam usaha mereka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan untuk memajukan atau meningkatkan proses pembelajaran baik untuk kelas secara keseluruhan maupun untuk murid secara individu.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "PENGALAMAN MENJADIKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA"