Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 

 PERMAINAN SENGGI' DAN KONSEP PENJUMLAHAN

Permainan Senggi’ merupakan permainan tradisional yang mengangkat kearifan lokal di Kabupaten Sumenep. Selain sebagai permainan tradisional juga dapat di jadikan media yang dapat melatih peserta didik bukan hanya mengetahui konsep penjumlahan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100. Namun, peserta didik dapat menerapkan konsep penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah dan menyenangkan serta dapat melatih kemandirian, ketelitian dan kesabaran peserta didik.



Permainan Senggi' ini  sangat mudah dapat dimainkan di lantai, di atas meja ataupun di tempat yang permukaannnya rata dengan berkelompok  yang bisa terdiri dari 2-4 peserta didik.



Adapun alat yang dibutuhkan adalah irisan bambu kecil dengan ukuran sekitar 20 cm dan sama Panjang, minimal 20 biji. Semakin banyak jumlahnya, maka permainan akan semakin seru.

Terdapat 4 bagian dengan nama berbeda dengan nilai angka yang berbeda pula. 1) Ratoh (Ratu) memiliki ciri 2 lingkaran kecil di bagian atas irisan bambu itu dan memiliki nilai 20. 2) Oreng (Orang) memiliki satu  lingkaran  pada bagian atas batang bambu dan memliki nilai 15. 3) Papate  (Prajurit) memiliki ciri ada lingkaran di bagian tengah dan memiliki nilai 10. 4) Jharum (Jarum) pada bagian bawahnya agak runcing dan memiliki nilai 5.

cara bermainnya, di awali dengan hompimpa. Peserta pertama siap untuk melakukannya dengan mengumpulkan seluruh lidi dalam satu genggaman. Setelah itu, ia berusaha melepasnya hingga berserakan pada tempat yang disediakan. Semakin menyebar, maka akan semakin mudah untuk mengambil irisan bambu tersebut. Beda dengan yang irisan bambunya masih tumpeng tindih. Setiap pemain mempunyai tantangan untuk mengambil irisan bambu tersebut dengan menggunakan satu batang irisan bambu tanpa menggerakkan bambu yang lain. Jika si pemain menggerakkan lidi yang lain berarti permainnya sudah berhenti. Si pemenang akan ditentukan dengan banyaknya jumlah angka pada irisan bambu tersebut.



Selamat Mencoba.

Posting Komentar untuk " "